Triman

Berita

Berita

Berita

Berita

Mengenal Wasir, Gejala, Perawatan, dan Pencegahannya

Wednesday, 06 March 2019

Mengenal Wasir, Gejala, Perawatan, dan Pencegahannya

Sekilas mengenai Ambein/Wasir

Wasir atau ambeien adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, yaitu struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Gejala Wasir atau ciri - ciri ambeien secara umum di bagi menjadi dua jenis, Wasir Internal dan Wasir eksternal. untuk Wasir internal gejalanya di tandai Dengan pendarahan Rektum tanpa rasa nyeri, sedangkan wasir eksternal dapat menunjukkan beberapa gejala atau jika ter kena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus. Banyak orang secara keliru menganggap semua gejala yang muncul di sekitar area anus dan rektum sebagai wasir dan bahwa penyebab serius gejala tersebut harus disingkirkan. Sementara penyebab wasir yang sesungguhnya belum diketahui, sejumlah faktor yang meningkatkan tekanan intra-abdomen, khususnya konstipasi, dipercaya mempunyai andil dalam perkembangan kondisi ini. Wasir internal dan eksternal dapat muncul berbeda namun, banyak orang dapat mengalami keduanya. Jarang dijumpai perdarahan yang signifikan hingga menyebabkan anemia, dan lebih jarang lagi perdarahan yang mengancam nyawa. Banyak orang merasa malu ketika menghadapi masalah ini dan biasanya baru mencari perawatan medis ketika kasusnya sudah lanjut.

GEJALA :

Gejala wasir bergantung pada jenisnya. Wasir internal biasanya timbul bersama pendarahan rektum tanpa rasa nyeri, sedangkan wasir eksternal dapat menunjukkan beberapa gejala atau jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus. Banyak orang secara keliru menganggap semua gejala yang muncul disekitar area anus dan rektum sebagai "wasir" dan bahwa penyebab serius gejala tersebut harus disingkirkan. Sementara penyebab wasir yang sesungguhnya belum diketahui, sejumlah faktor yang meningkatkan tekanan intra-abdomen, khususnya konstipasi, dipercaya mempunyai andil dalam perkembangan kondisi ini.

PERAWATAN :

Perawatan awal untuk penyakit yang ringan hingga sedang meliputi peningkatan konsumsi serat, cairan oral untuk menjaga hidrasi, NSAID untuk membantu mengatasi nyeri, dan Istirahat. Beberapa prosedur kecil dapat dilakukan jika gejalanya parah atau tidak membaik dengan penanganan konservatif. Pembedahan dibatasi hanya untuk pasien yang tidak membaik setelah berbagai tindakan tersebut dilakukan. Setengah dari seluruh populasi dapat mengalami wasir suatu saat di dalam hidupnya. Hasil akhirnya biasanya baik.

PENCEGAHAN :

Disarankan beberapa langkah pencegahan:

  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat.
  • Minum banyak cairan.
  • Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen penambah serat.
  • Jangan mengenjan berlebihan.
  • Segera buang air besar jika sudah merasa ingin.
  • Hindari duduk terlalu lama.